Minggu, 16 Oktober 2011

PEMANFAATAN IT DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI DAN TANTANGAN UNTUK MASA DEPAN


    Teknologi Informasi dan Komunikasi(TIK) adalah sebuah ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan proses penggunaan alat bantu manipulasi dan pengeloaan Informasi.Hal Ini dapat kita rasakan manfaatnya seperti transformasi ilmu pengetahuan bagi sektor-sektor pendidikan,perekonomian. Sementara ekonomi dapat mendorong usaha kecil dan menengah pedesaaan agar mendapatkan nilai lebih, serta menggerakkan roda perekonomian desa.

Coba kita renungkan dan pikirkan manfaat Teknologi Informasi, jika penduduk pedesaan dapat mencari informasi terbaru mengenai benih padi,jagung unggul, dan bibit unggul tanaman budidaya lainnya atau bisa informasi komoditas hortikultura unggulan. Begitu juga dengan peternak yang dapat mengetahui tentang primadona produk unggulan peternak, misalnya kambing,sapi,ayam dll.Tentunya akan meningkatkan taraf hidup masyarakat pedesaan.sehingga masyarakat pedesaan bisa lebih maju dalam segi pertanian.

Untuk e-education(pendidikan), kita sudah mengenal program Internet Goes to School, Community Access Point, e-Learning, SMart Campus dan generasi Baru Guru Indonesia.

Internet dapat membuka peluang bisnis dan memberikan manfaat yang sangat banyak dari Segi apapun, termasuk dalam bidang keagamaan,pendidikan serta semua informasi yang kita butuhkan,bahkan dapat mempercepat penyebaran teknologi informasi ke wilayah-wilayah pedesaan sampai dengan daerh-daerah terpencil lainya.

Teknologi Informasi dan Komunikasi(TIK) juga banyak diterapkan dalam perusahaan-perusahaan. Kebutuhan efisiensi waktu Serta biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan Teknologi informasi dalam lingkungan kerja mereka. Hal ini akan membantu dalam sistem managemen dalam suatu perusahaan.Sehingga suatu perusahaan mampu maju serta bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar lainya.

Semakin cepatnya perkembangan teknologi informasi dan  komunikasi(TIK) menuntut manusia untuk mencoba membuat perubahan-perubahan di segala jenis kehidupan yang tujuannya adalah mendapatkan hasil maupun kondisi yang terbaik yang dapat dicapai. Banyaknya sector kehidupan yang ada di dunia ini diharapkan membuka inovasi baru Serta peluang-peluang bagi kita untuk menciptakan sesuatu yang baru dan kemajuan peradaban manusia yang tentunya demi meningkatkan tarah hidup masyarakat Indonesia.

Namun banyak juga tantangan yang harus kita hadapi dengan semakin berkembangnya dunia IT sekarang ini. Karena dampak sebuah perkembangan IT bisa berdampak positif dan negative.Dampak positifnya seseorang bisa tau tentang perkembangan dunia jaman sekarang dari segi apapun, mendapatkan segala informasi yang kita butuhkan,dan mampu menciptakan peluang-peluang bisnis.yang dapat meningkatkan tarah hidup manusia.Dampak negatirnya Jika akses yang terlalu bebas bisa berakibat fatal bagi perkembangan masyarakat, terutama di daerah yang haus akan informasi. Selain itu, perkembangan virus, phishing, dan berbagai ancaman di dunia IT juga semakin maju. Maka dari itu, semua inovasi tersebut hendaknya harus dibatasi oleh suatu aturan hukum Negara dan pemerintah juga harus menyiapkan perangkat peraturan terkait pembatasan kebebasan akses internet.dampak lainya yaitu dengan semakin berkembangnya IT,setiap manusia melakukan segala aktifitasnya dengan memanfaatkan teknologi IT,hal ini berdampak buruk bagi fungsi manusia yang dalam hal ini adalah pencipta/pengendali IT,justru beralih fungsi menjadi IT lah yang mengendalikan manusia.Jadi pelajaran yang bisa kita ambil adalah segala informasi yang kita dapatkan haruslah kita saring dahulu,ambilah manfaat yang positif,dengan menggunakanya TI sebagaimana mestinya.Diharapkan IT di Indonesia dapat berkembang mengikuti berkembangan dunia

SEKIAN DAN TERIMA KASIH

0 komentar:

Posting Komentar